nadia
BANGSA INDONESIA
Kebanggaan bangsa Indonesia juga merupakan kebanggan bagi semua warga negara Indonesia. Beberapa alasan yang dapat menimbulkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia antara lain :
1. Tanah air
Tanah air Indonesia sangat luas. Luasnya kurang lebih 2000000 km2 . Tanah Indonesia subur, kaya raya . Kekayaan dan keadaan alamnya sukar dicari . Itulah yang menjadi salah satu penarik perhatian bangsa-bangsa asing untuk mengambil kekayaan bangsa Indonesia.
Kesuburan tanahnya ditunjang oleh dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.
2. Memiliki bendera kebangsaan “Sang Merah Putih”
Pasal 35 UUD 1945 menyatakan “Bendera Negara Indonesia adalah Sang Merah Putih”. Bendera merupakan lambang kedaulatan dan kehormatan bangsa. Bangsa yang berdaulat adalah bangsa yang mempunyai kekuasaan yang pantas dihormati oleh bangsa lain. Bendera pusaka pertama kali dijahit oleh Ibu Fatmawati Sukarno. Bendera pusaka dikibarkan setahun sekali. Bendera pusaka disimpan di Monas.
3. Memiliki bahasa Indonesia
Pasaal 36 UUD 1945 menyatakan “bahasa Negara ialah bahasa Inbdonesia”.
- Fungsio bahasa Indonesia ialah sarana komunikasai antar berbagai kelompok masyarakat yang masing-masing daerah mempunyai bahasa daerah sendiri
- Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu berbagai suku di Indonesia
- Dalam pembinaan kebudayaan nasional, bahasa Indonesia memainbkan peranan sebagai wadah penampung kebudayaan
4. Memiliki lambang negara
Pasal 36A UUD 1945 menyatakan “Lambang negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika”. Garuda Pancasila merupakan identitas negara sebagai lambang kedaulatan, kepribadian, dan keperkasaan bansa Indonesia. Lambang ini telah disahkan berdasarkan Peratutran Pemerintah Tahun 1951.
5. Memiliki lagu kebangsaan
Pasal 36B UUD 1945 menyatakan “Lagu kebangsaan ialah Indonesia Raya”. Lagu Indonesia Raya diperdengarkan pertama kali pada kongres pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928. Lagu Indonesia Raya menggugah hati para pemuda untuk mencapai Indonesia merdeka.
6. Memiliki kebudayaan yang tinggi
Nenek moyang kita telah mengenal ilmu bintang. Semuia itu sangat berpengaruhg pada para petani dalam mengolah sawah. Nenek moyang kita telah pandai membuat wayang, batik, dan candi. Karya budaya nenek moyang kita yang mengagumkan dunia berupa candi borobudur, Prambanan, Sewu, Panataran, dan lain-lain.
7. Memiliki Pancasila
Pancasila tercantuim dalam Pembukaan Undang- Undang Dasar 1945 Aliea IV. Disahkan PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Pancasila sebagai dasar negar dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara artinya sebagai dasar pembuatan peraturan y6ang berlaku di Indonesia. Pancasila sebagai pandangan hidup artinya sebagai pedoman tingkah laku bangsa Indonesia, sekaligus Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa.
0 Responses

Post a Comment