nadia
BUDAYA BANGSA
Seperti yang kita ketahui bahwa Inbdonesia memiliki berbagai macam suku. Tiap suku mempunya buda yang disebut budaya daerah. Budaya daerah ini merupakan modal untuk membentuk budaya bangsa. Adapun budaya daerah yang kita miliki, antara lain sebagai berikut :
• Rumah adat
Rumah adat berfungsi sebagai tempat tinggal dan berkumpulnya keluarga. Tiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat yang disebut juga rumah tradisional. Rumah tradisional tersebut pada umumnya memiliki nama seperti, Rumah Gadang yang merupakan rumah tradisional sumatera Barat. Rumah Joglo adalh rumah tradisional Jawa Tengah. Rumah Rakyat adalah rumah tradisional Bengkulu. Rumah Honai adalah rumah tradisional Papua, dll
• Pakaian
Pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin. Hampir semua provinsi di Indonesia memiliki pakaian daerah masing-masing. Misalnya, Beskap pakaian adat Jawa Tengah, Ulos dari Sumatera Utara, Ura Dipungu dari Sulawesi Utara dan sebagainya
• Tarian
Tiap provinsi di Indonesia memiliki tarian daerah misalnya Tari Serimpi dari Jawa Tengah, Tari Payung dari Minangkabau, tari Pendet dari Bali, Tari Jaipong dari Jawa Barat, Tari Maengket dari Minahasa, Tari Enso dari Maluku dan tarian yang lain.
• Lagu Daerah
Setiapmprovinsi pun memiliki berbagai macam lagu daerah diantaranya Jamuran dari Jawa Tengah, Ayam Den Lapeh dari Sumatera Barat, Angin Mamiri dari Makassar, Apuse dari Irian, Ampar-ampar pisang dari Kalimantan dan lain lain
• Senjata Tradiaional
Senjata tradisional di tiap daerah berbeda-beda, misalnya Clurit dari Madura, Rencong dari Aceh, Kujang dari Jawa Barat, Mandau dari Kalimantan danm senjata daerah lainnya.
• Kesenian Rakyat
Berbagai kesenian rakyat Indonesia antara lain : Lenong dari Betawi, Ketoprak dari Jawa Tengah, Ludruk dari JawaTimur, Reog dari Ponorogo, Randai dari Sumatera Utara, dan lainnya.
• Alat Musik
Berbagai alat musik daerah antara lain : Kulintang dari Minahasa, Sasando dari NTT, Calung dari Sunda, dan alat musik lainnya.
• Cerita Rakyat
Berbagai cerita rakyat di Indonesia antara lain : Nyi Rorokidul dari Yogyakarta, Malin Kundang dari Sumatra Barat, Jayaprano dari Layonsari dari Bali, Kakamandoko dari Banyumas dll
Keanekaragaman suku, budaya, adat istiadat, dan keperyaan bagi bangsa Indonesia tidak menjadi masalah bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini disebabkan bangsa Indonesia menyadari bahwa keanekaragaman tersebut merupakan kekayaan bangsayang harus menjadi dasar bagi persatuan dan kesatuan bangsa.
0 Responses

Post a Comment